Aceh Jaya Raih INAGARA AWARD, Sebagai Kabupaten Inovasi Administrasi

Pj Bupati Aceh Jaya Dr Nurdin Bersama Bappeda Aceh Jaya Hendri Kusnadi, Didampingi Asisten Sekdakab Aceh Jaya dan Kabid Penelitian dan Pengembangan Bappeda Aceh Jaya, Saat Menerima Penghargaan INAGARA AWARD 2022 Dari Lembaga Administrasi Negara (LAN).*

Calang, Tribunnanggroe.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya menerima penghargaan INAGARA AWARD (Inovasi Administrasi Negara Award) tahun 2022 dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, sebagai bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah yang komitmen tinggi dalam membina dan mengembangkan Inovasi Administrasi Negara berkelanjutan.

“Ini adalah bentuk apresiasi dan penghargaan LAN RI kepada Pemerintah Daerah yang berkomitmen tinggi dalam membina dan mengembangkan Inovasi Administrasi Negara” kata Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Kabupaten Aceh Jaya, Masri Annur Salmi, Selasa (4/10/2022).

Menurutnya, prestasi yang diraih Aceh Jaya ini merupakan hasil kerja keras dari semua lini pemerintahan, baik dari tingkat kabupaten hingga desa secara bahu membahu mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai inovasi di masing.- masing OPD.

Ia menambahkan, penghargaan tersebut akan menjadi motivasi bagi Pemkab Aceh Jaya untuk terus meningkatkan inovasi yang mengarah kepada kesejahteraan masyarakat melaluiĀ  peningkatan pelayanan publik, optimalisasi inovasi berbasis produk dengan memberikan sentuhan baru pada setiap produk, agar sesuai dengan trend perkembangan zaman, pemberdayaan dan peran serta masyarakat dalam peningkatan daya saing daerah.

“Acaranya tanggal 9 Agustus 2022 lalu. sebab waktu itu lagi meningkat Covid-19, jadi dibatasi untuk yang menerima penghargaan secara langsung cuma 3 perwakilan. Sedangkan untuk 7 kabupaten/kota lainnya dikirim via tiki, dan penghargaan untuk Aceh Jaya baru kami terima pada minggu lalu,” ujarnya.

Melalui pendampingan dengan LAN RI, kata Masri, Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya telah melahirkan sebanyak 161 ide-ide inovasi yang berasal dari 33 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan, Puskesmas dan Desa di Kabupaten Aceh Jaya.

“Kami mengucapkan ribuan terimakasih kepada seluruh SKPK dan Puskesmas yang telah berkontribusi dalam pengiriman evidence/bukti dukung dari tahapan Drum up, Diagnose, Desain, Monitoring sampai ke tahapan Launching inovasi. sehingga Aceh Jaya berhasil terpilih sebagai nominator penerima Inagara Award pada Tahun 2022” ucapnya.

Kedepannya, pemkab Aceh terus membangun dan memperkuat Sistem Inovasi Daerah sebagai landasan kinerja pembangunan berbasis inovasi dan sebagai kerangka membangun kolaborasi yang sinergi antar pihak pemerintah daerah, swasta, perguruan tinggi, dan segenap pemangku kepentingan terkait.

Ia juga berharap sejumlah inovasi yang telah lahir di masing-masing OPD tersebut agar dapat terus berjalan dan berkelanjutan guna mempercepat pembangunan, penurunan angka kemiskinan dan permasalahan sosial lainnya.

Adapun sepuluh Pemerintah Daerah penerima INAGARA AWARD Tahun 2022 antara lain Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Pemerintah Kabupaten Pemalang, Pemerintah Kabupaten Sorong, Pemerintah Kabupaten Subang,
Pemerintah Kabupaten Tegal, Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una, dan Pemerintah Kota Tegal.[***]

Penulis: SamsEditor: Redaksi