News  

Moment HUT Ke-77 RI, Pj Bupati Aceh Jaya Kunjungi Rutan Calang,! Ini Respon Nurdin Atas Permintaan Napi

Pj Bupati Aceh Jaya Mengunjungi Lapas Kelas III Calang, Dalam Rangka Penyerahan Remisi Untuk Narapidana Rutan Tersebut. Rabu (17/08).*

Calang, Tribunnanggroe.com – Dihari peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pj Bupati Aceh Jaya Mengunjungi Rutan Calang, sembari memberikan SK remisi untuk 96 penghuni Lapas kelas III Calang, Aceh Jaya, Warga Binaa Pemasyarakatan (WBP) yang mendapatkan remisi umum sesuai yang telah disahkan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI. Rabu (17/08/2022).

Penyerahan Surat Keputusan (SK) remisi umum kepada narapidana di lapas kelas III Calang diberikan langsung oleh Pj Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin dan disaksikan Kapolres Aceh Jaya, Kajari Aceh Jaya, Kalapas Kelas III Calang.

Kalapas Calang Rusli mengatakan, pemberian remisi umum bagi warga binaan Lapas Kelas III Calang ini diperuntukkan bagi yang telah memenuhi syarat baik substantif maupun administratif, sebagaimana napi yang telah menjalani setengah masa tahanan dan berkelakuan baik.

Dikatakan, dari 135 warga binaan di Lapas Kelas III Calang, yang mendapatkan remisi umum pada tahun ini hanya 96 orang WBP saja, selebihnya Napi yang baru masuk ke rutan itu.

“Tahun ini kami mengusulkan remisi sebanyak 96 orang, dan Alhamdulillah dikabulkan oleh pusat sebanyak 96 orang juga, selain dari itu belum memenuhi persyaratan,” ujar Rusli.

Rusli menyampaikan bahwa program pembinaan bagi WBP di Lapas kelas III Calang telah berjalan dengan baik, seperti pembinaan kerohanian layak pesantren dan aktivitas olahraga untuk menjaga kesehatan.

“Namun demikian alhamdulillah Lapas Kelas III Calang hingga hari ini masih kondusif dan aman terkendali karena kita menjalankan tugas antara petugas Lapas dengan warga binaan sudah seperti keluarga,” ujar Rusli

Lanjutnya, sebagaimana pesan perwakilan WBP tadi, didalam area lapas ini ada lapangan Badminton, Futsal, Tennis Meja dan Lapangan Volly, namun ada kekurangan yang belum mendukung sepenuhnya melengkapi fasilitas itu, yang diminta langsung ke Pj Bupati Aceh Jaya

“Fasilitas Olahraga dan Tempat Ibadah sudah memadai di perkarangan Lapas ini, namun fasilitas lain seperti yang dituntut WBP tadi belum bisa kita lengkapi karena keterbatasan pemeliharaan di Lapas ini, Dukung Pemerintah Daerah¬† terhadap lingkungan ini sangat kita harapkan,”ujar Kalapas.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Aceh Jaya Dr Nurdin menyampaikan ucapan selamat kepada 96 warga binaan yang mendapat remisi umum pada momen peringatan HUT kemerdekaan republik Indonesia ke-77 ini. Ia berharap kepada petugas di jajaran Lapas Kelas III Calang untuk dapat berkomunikasi yang baik kepada warga binaan serta membimbing dan mendidik mereka agar menjadi lebih lagi.

Foto: Penyerahan SK Remisi Terhadap 96 WBP Hunian Lapas Kelas III Calang, Rabu (17/08).*foto.Tribunnanggroe.com

“Tanamkan pada diri saudara masing-masing bahwa proses yang saudara jalani saat ini bukan merupakan penderitaan semata, namun menjadi sebuah proses pendidikan dan pembinaan untuk menjadi manusia yang lebih baik,” kata Pj Bupati

Pj Bupati juga berpesan kepada seluruh WBP yang mendapat remisi untuk menjadikan momen tersebut sebagai motivasi tetap berperilaku baik dan taat aturan serta tetap mengikuti program pembinaan dengan tekun dan sungguh-sungguh.

“Jadilah insan dan pribadi yang baik, hiduplah dalam tata nilai kemasyarakatan yang baik serta taat hukum,” pesannya.

Pj Bupati juga berjanji akan memenuhi permintaan Warga Binaan, untuk melengkapi fasilitas olahraga diarea lapas, seperti yang disampaikan oleh perwakilan narapidana yang menagih Bola Volly, Bola Futsal dan Televisi, yang dinilai par WBP ketinggalan informasi publik, Permintaan tersebut direspon Pj Bupati Aceh Jaya.

“InsyaAllah, Permintaan Kecil itu segera kita penuhi, Kita suruh kalapas segera untuk membuat regulasinya disampaikan ke kami, dalam bulan ini langsung disampaikan ke kami, untuk membeli kebutuhan yang dibutuhkan,” pungkas Pj Bupati.[***]

Penulis: SamsEditor: Redaksi