Pj Bupati Aceh Jaya Tinjau Gerai Pencanangan Imunisasi PIN Polio Bagi BATITA

Pj Bupati Aceh Jaya Dr Nurdin, S.Sos, M.Si., Memberikan Imunisasi SUB PIN Polio Tetes Manis Bagi Anak-anak 0-12 Tahun.*

Calang, Tribunnanggroe.com — Penjabat (Pj) Bupati Aceh Jaya Dr Nurdin, S.Sos, M.Si., meninjau kegiatan vaksinasi PIN Polio di SD Negeri 7 Setia Bakti dan Posyandu Gampong Baro Sayeung Kecamatan Setia Bakti dalam rangka Kegiatan Imunisasi SUB PIN Polio tetes manis. Kunjungan tersebut untuk mendukung pencegahan Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio dalam meminimalisasi angka Stunting di Daerah setempat.

Pj Bupati Aceh Jaya menyebutkan total vaksin polio yang ditargetkan bagi 23.439 anak-anak Aceh Jaya usia 0-12 tahun dari hari 1-2 sudah mencapai persentase sekitar 3.711 anak setara (15,8%).

“Sub PIN Polio dicanangkan oleh pemerintah pusat untuk mencegah terjadinya penyerangan Kejadian Luar Biasa (KLB) guna minimalisasi Stunting (Campak) bagi Batita umur 0-12 tahun di kabupaten Aceh Jaya,” ungkap Bupati Nurdin, Kamis (15/12/22).

Menurut Pj Bupati Aceh Jaya, untuk vaksinasi anak-anak, per hari pertama capaian target berjumlah 4.190 Anak, dengan Persentase (17,9%). Di hari kedua mencapai 3.706 dengan Persentase (15,8%). Jumlah Kumulatif mencapai 7.896 Anak atau 33,7%.

“Alhamdulillah untuk saat ini tidak ada KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) yang signifikan dan imunisasi yang digunakan saat ini adalah untuk anak-anak dalam pencegahan Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio,” katanya.

Pj Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin, S.Sos, M.Si., yang didampingi Ibu Zuraidiati, SE., Pj Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Jaya, turut dihadiri juga Kepala Dinas Kesehatan Aceh Jaya, Sekretaris Dinas Pendidikan, Kepala Diskominsa, Forkopimcam dan Keuchik serta Tokoh Masyarakat Gampong Baro, para Guru dan orang tua/wali murid.

Untuk kita ketahui bahwa vaksinĀ  yang digunakan dalam rangka Sub PIN Polio ini adalah vaksin novel Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2) kemasan 50 dosis per vial yang diproduksi oleh PT. Biofarma. Vaksin ini digunakan dalam rangka penanggulangan KLB Polio tipe 2.

“Langkah-langkah yang diambil oleh Pemerintah melalui Dinkes Aceh Jaya untuk melakukanĀ  vaksin imunisasi ini untuk menargetkan penurunan angka stunting. Dan Alhamdulillah berjalan dengan cukup signifikan angka vaksinasi PIN Polio di Aceh Jaya,” pungkas Dr Nurdin.[***]

Penulis: SamsEditor: Redaksi