Sambut HUT RI-78 Mapala Leuser USK Rencanakan Kibar Bendera Merah Putih Raksasa di Kota Calang

Tebing Batu Kota Calang Yang Akan Dijadikan Moment Expedisi Pengibaran Bendera Raksasa di HUT Republik Indonesia Ke - 78 Tahun 2023.*(Foto:Dok Mapala).

Aceh Jaya, Tribunnanggroe.com РPara  Pendaki Gunung tergabung dalam Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Leuser Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh berencana mengibarkan bendera merah putih raksasa di Tebing Gunung Batee Sireuk/Batee Tutong, Gampong Blang, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya.

Ekspedisi Merah Putih ini digagas oleh Mapala Leuser Unsyiah memeriahkan ajang menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun 2023.

Para pendaki Mapala Leuser USK itu ingin memberikan kado berkesan dihari kemerdekaan sebagai bentuk persembahan dari anak negeri bumi Aceh Jaya.

Ketua Tim Ekspedisi Merah Putih, Novita menyampaikan, dirinya bersama 9 rekannya dari Angkatan Muda Mapala Leuser Unsyiah dengan tantangan tingkat tinggi itu rencananya akan dilaksanakan pada 14 Agustus 2023 tiga hari lebih awal persiapan menyambut HUT RI ke-78.

“Ini perdana kita lakukan di Gunung Batee Sireuk, rencananya akan dikibarkan pada 17 Agustus nantinya,” kata Novita dalam siaran Persnya yang diterima media ini, Senin (07/08/2023).

Sebelum dikibarkan, Bendera Merah Putih Raksasa itu nantinya akan diserahkan oleh Pj Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin pada tanggal 14 Agustus 2023 untuk selanjutkan dikibarkan di tebing gunung Batee Sireuk pada tanggal 17 Agustus 2023.

“Agendanya bukan hanya pengibaran bendera Raksasa saja, tapi juga ada doa bersama sebelum expedisi di mulai, Tim kemudian melakukan simulasi pendakian dihari yang sama,” ungkap Novita.

Novita juga mengaku, ada medan di bawah Gunung Batee sireuk yang lembab curang tebing mencapai 80 meter. Lalu ada ancaman binatang kecil hingga ular yang dapat membahayakan pendaki.

Selain itu, jalan untuk mencapai puncak gunung ini memang termasuk ekstrim karena jalur terlalu vertikal, tapi sebenarnya bisa dilalui dengan aman hanya saja butuh kehati-hatian dan antisipasi dengan baik.

“Makanya kita juga harus analisa seakurat mungkin dan punya rencana alternatif untuk menaklukkan Medan ekstrim itu,” tutur Novita.

Adapun para pendaki Muda Mapala Leuser USK ikut expedisi bersama Novita Nur Ariska (ketua Expedisi), beranggotakan Sarah Salsabila, Fiqri Rozi, Habib Ahmad Husein, Al Hadhi Rahman, Teuku Farhan Ridha, Farah Rajuna, Fiqra Husnika dan Desti Mutiara.

Sementara, Ketua Panitia Penyelenggara di kabupaten Aceh Jaya Abdo Rani, mengatakan, para Atlit ini sudah terlatih mereka dilatih oleh pendaki senior Abot Alfizar dan beberapa senior lain, kita disini hanya selaku panitia lokal dalam mempersiapkan agenda kegiatan expedisi merah putih di Aceh jaya.

“Semoga kegiatan ini berjalan lancar sebagai mana yang kita harapkan bersama.” harap Abdo Rani.[***]

Penulis: SumberEditor: Redaksi