News  

Jelang Ha-1 Pemungutan Suara, Pemkab Aceh Jaya Distribusi Logistik dan Personil Pengamanan TPS Pemilu 2014

Pj Bupati Aceh Jaya Dr. A Murtala., Melepas Keberangkatan Armada Pendistribusian Logistik Pemilu Ke TPS Dalam 9 Kecamatan dalam Kabupaten Setempat.*

Calang, Tribunnanggroe.com – Mendekati hari pencoblosan dan pemungutan suara akan berlangsung besok tanggal 14 Februari 2024, Pemkab Aceh Jaya melakukan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Pendistribusian Logistik dan Tim Pengamanan TPS Pemilu, berlangsung dihalaman Kantor Bupati Aceh Jaya.

Apel gelar pasukan yang dipimpin Pj Bupati Aceh Jaya Dr.A Murtala.,  sebagai bentuk bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana dalam tahap pemungutan dan penghitungan suara pada pemilu 2024, Selasa (13/02) mengikuti seluruh personil pengamanan (PAM-TPS), dihadiri Kabidkeu Polda Aceh Kombes Pol. Dolly Hariadi, S.I.K., M.H., unsur Forkopimda Aceh Jaya, para Kepala SKPK terkait, sekda Aceh Jaya, staf ahli, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Kabupaten setempat.

Usai Apel berlangsung, Pejabat (Pj) Bupati Aceh Jaya Murtala, ke Awak Media menjelaskan, tahap pemungutan suara tinggal dilaksanakan esok hari, Apel kesiapan pengamanan tahap pemungutan dan penghitungan suara pada pemilu 2024 perlu dilakukan demi menjaga ketertiban dan ketenangan dalam pelaksanaan  pemungutan dan penghitungan suara pemilu di setiap TPS dalam sembilan (9) kecamatan yang ada dalam kabupaten Aceh Jaya sebagaimana telah diatur dalam peraturan dan undang-undang pemilu yang berlaku.

“Segala bentuk indeks kerawanan pemilu berlangsung telah dipetakan, sejauh ini rangkaian tahapan pemilu di Kabupaten Aceh Jaya kategori aman. Meskipun demikian jangan lengah dan tetap lakukan langkah antisipasi dengan tetap mempersiapkan pengamanan sebaik mungkin dengan demikian diharapkan pengamanan tahap pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2024 di daerah dapat terselenggara secara optimal, berjalan dengan aman dan kondusif,” sebut Murtala.

Sementara itu, Kapolres Aceh Jaya AKBP Andi Sumarta, S.I.K., menyampaikan Apel gelar pasukan ini sebagai bentuk kesiapan dalam pelaksanaan dan kesiapan personil saat bertugas di setiap TPS yang ada di 172 Gampong dalam sembilan (9) kecamatan diwilayah hukum Polres Aceh Jaya.

“Untuk pengamanan pemilu 2024, kita menggeser sejumlah personil Organik dari Polres Aceh Jaya dan Personil BKO Polda Aceh, ada sekitar 190 orang, dengan keberadaan personil ini ditengah masyarakat agar terus tercipta dan menjaga Harkamtibmas agar pemilu dapat berjalan aman, Damai, Lancar dan sukses,” pungkas Kapolres Aceh Jaya.

Lanjutnya, untuk menjaga ketertiban dan terciptanya pemilu damai di Aceh Jaya, penyelenggara baru saja juga memusnahkan sebanyak 676 lembar Surat Suara lebih terdiri dari Surat Suara DPR-RI 273 lembar, Surat Suara DPD sebanyak 60 lembar, Surat Suara DPR Aceh 145 lembar, Surat Suara DPRK sebanyak 194 lembar dan Surat Suara lebih pemungutan suara ulang anggota DPRK Aceh Jaya sebanyak 4 lembar.

Terkait Surat Suara lebih yang dimusnahkan, Ketua KIP Aceh Jaya Hendri Gunawan, menjelaskan, Bahwa itu hasil dari pengecekan dan verifikasi oleh pihaknya dan petugas penyelenggara pemilu, dan ditemukan ada Surat Suara lebih yang dikirim dan Surat Suara rusak dari percetakan yang diterima oleh pihaknya.

“Ini yang kita musnahkan Surat Suara Rusak dan Lebih dari kiriman Pencetakan di KPU Pusat yang kita terima di KPU Aceh Jaya hasil pengecekan terdapat kelebihan, maka, kita musnahkan bersama disaksikan oleh penyelenggara Pemilu terdiri dari Bawaslu dan unsur Gakkumdu,” tuturnya.[***]

Penulis: SamsEditor: Redaksi